Rabu, 28 Desember 2016

Strategi bisnis

Strategi bisnis kue tradisional :

1. Survey dan Banyak Belajar 
Agar Anda benar-benar memahami usaha ini, maka banyak-banyaklah melakukan survey atau studi banding ke pasar-pasar, toko-toko, supermarket-minimarket, atau ke produsen-produsen makanan kecil. Begitupula ikutilah berbagai kursus dan mengikuti seminar-seminar pembuatan kue, baik yang dilakukan dengan gratis ataupun tidak. Dengan kedua itu, pengetahuan dan bekal kita di dalam mendirikan usaha ini akan lebih banyak dan luas.

2. Memahami Kondisi  Pasar dan Tentukan Sasaran
Setelah jenis kue kita tentukan, langkah selanjutnya adalah memahami kondisi pasar di daerah kita. Sebaiknya Anda masuki dan ambil pasar yang belum banyak ditangani oleh produsen-produsen makanan kecil lainnya. Dengan demikian Anda akan semakin mudah di dalam menentukan jenis sasaran usia maupun kalangan yang akan Anda bidik nantinya. Yang harus Anda ingat, segmen pasar yang Anda bidik sangat terkait dengan jenis, kualitas, dan harga makanan kecil/kue yang akan Anda buat.

3. Ciptakan Keunggulan yang Berbeda.
Jadikan cita rasa kue yang Anda buat memiliki kelebihan/keunggulan dan perbedaan dengan yang ada dipasaran. Meskipun jenisnya sama tapi kita harus memiliki perbedaan, atau juga kita bisa menggabungkan beberapa kelebihan/Keunggulan dari produsen makanan lainnya, dan cermati juga apa yang disukai oleh konsumen. Jika dengan cita rasa tersebut, biaya produksi menjadi lebih mahal, maka Anda dapat mengantisipasinya dengan ukuran yang lebih kecil, atau mempermurah bentuk kemasan, atau hal lainya. 

4. Melakukan promosi
Lakukan pengenalan produk/promosi kepada konsumen dengan cara yang kreatif. Sebisa mungkin, anda harus melakukan promosi yang konsisten dan terus-menerus. Misalnya setiap kali anda bepergian, anda bisa membawa brosur dan pamflet berisi produk usaha anda untuk dibagikan kepada orang yang dituju, keluarga, rekan kerja, ataupun disebarkan di tempat-tempat umum. Bisa juga dengan membuat status mengenai produk usaha anda di sosial media. 
Menggunakan internet sebagai marketing 

5. Menggunakan internet sebagai marketing 
Salah satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan ialah internet marketing. Dengan menampilkan produk usaha anda pada situs jejaring sosial, maka anda dapat mengetahui bagaimana selera konsumen dan apa yang mereka butuhkan. Semakin hari aktivitas jual beli melalui online shop semakin marak dilakukan. 

6. Menjalin hubungan dengan baik dengan konsumen 

Konsumen ialah raja. Slogan satu ini patut dipertahankan guna menjaga kelangsungan suatu usaha. Jalinlah hubungan yang baik dengan konsumen. Hubungi mereka untuk sekedar menanyakan testimoni mengenai produk usaha anda ataupun menginfomasikan produk yang baru anda keluarkan, dan promo yang sedang berjalan. Konsumen membutuhkan produk dan anda membutuhkan konsumen untuk orientasi keuntungan. Maka itu, terapkanlah simbiosis mutualisme dalam hal berbisnis. Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen merupakan kunci terakhir yang harus anda pegang untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar